Suku Indian Tak Dikenal Ditemukan di Brasil

RIO DE JANEIRO, JUMAT - Sekelompok orang anggota suku Indian yang tak dikenali terlihat di Brasil, tepatnya di barat rimba Amazon, dekat perbatasan dengan Peru. Demikian diungkapkan Yayasan Indian Nasional, Kamis (29/5) waktu setempat. Suku asing itu terlihat di area yang dilindungi di sepanjang Sungai Envira saat petugas-petugas yayasan terbang di atas wilayah Acre yang terpencil.

Menurut pejabat yayasan, yang dikenal sebagai Funai, dalam foto terlihat beberapa lelaki sehat dan kuat, enam gubuk kecil, dan beberapa ladang. Sejauh ini belum diketahui termasuk suku apa orang-orang Indian itu. "Ada empat kelompok Indian terasing yang menghuni wilayah ini," ujar ahli Funai, Jose Carlos Meirelles Junior, dalam pernyataannya. Meski sudah meneliti wilayah itu selama 20 tahun, namun Funai belum pernah melakukan kontak dengan suku Indian tersebut dan berusaha tidak mengganggu wilayah mereka untuk menjaga kemerdekaan suku-suku di sana.

Menurut organisasi Survival International, para Indian itu terancam aktivitas penebangan liar di Peru yang mendesak suku-suku setempat ke perbatasan dan berpotensi terjadi konflik.Menurut catatan, ada lebih dari 100 suku terasing di seluruh dunia, kebanyakan berada di Brasil dan Peru. "Foto-foto ini adalah bukti bahwa suku-suku itu benar-benar ada," kata Direktur Survival Stephen Corry. "Oleh karenanya, dunia harus memberi perhatian masalah ini dan memastikan wilayah mereka terlindungi. Sebab kalau tidak, suku-suku ini akan segera punah."

Sumber:

http://www.kompas.com/read/xml/2008/05/30/09561488/suku.indian.tak.dikenal.ditemukan.di.brazil#


0 komentar to "Suku Indian Tak Dikenal Ditemukan di Brasil"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet