Christopher Wall Tetap Hidup meski 48 Jam Jantungnya Berada di Luar Tubuh

BISAKAH Anda membayangkan seorang bayi terlahir dengan organ jantung berada di luar tubuhnya? Bukan hanya ngeri tapi kita pun pasti akan berpikir bahwa bayi malang itu pasti tak akan berumur panjang jika pihak dokter tak segera melakukan penanganan terhadap kondisi anomali tersebut.

Tetapi, ternyata keajaiban justru mampir pada Christopher Wall, bayi yang lahir dengan organ jantung berada di luar tubuhnya. Entah bagaimana ceritanya, namun berdasarkan catatan, organ jantung bayi tersebut berada di luar tubuhnya selama 48 jam atau 2 hari dua malam.

Dalam catatan medis, ini sungguh luar biasa dan sulit dipercaya, karena tingkat kematian kondisi seperti itu terbilang tinggi, jarang ada yang berhasil lolos dari maut.

Tuhan berkehendak lain! Ternyata Christopher bisa tetap hidup bahkan sampai sekarang ia masih tetap sehat walalfiat dan menetap di Philadelphia, AS. Pada Guinness World Record yang diluncurkan pada awal 2008, nama Christopher muncul kembali.

Ini memang bukan pertama kalinya, karena Christopher sudah sejak 10 tahun lalu namanya menghiasi Guinness Book Record sebagai orang yang mampu bertahan hidup lama dengan kondisi jantung berada di luar tubuh.

Nah, pemunculannya kali ini adalah ‘penghargaan’ (ungkapan syukur) pihak Guinness karena ternyata sampai sekarang, 36 tahun, Christopher tetap sehat dan mampu beraktivitas seperti orang lain.

Meskipun memang kalau dilihat ada ‘sedikit’ kelainan pada dada Christopher di mana detak jantungnya sangat nyata terlihat. Kondisi terbaru Christopher memang ditayangkan dalam acara televisi di Amerika yang menampilkan rekor-rekor terbaik (pilihan) Guinness.

Pada September 1998, Christopher juga dimunculkan di televisi pada prime time, di mana diperlihatkan proses kelahiran (dokumentasi rumah sakit) sampai dia remaja yang bisa beraktivitas seperti biasa. Setelah 10 tahun, acara televisi yang diminati publik Amerika itu pun kembali menayangkan kondisi Christopher.

Dalam bahasa medis kelainan ini disebut ectopia cordis, di mana organ hati berada di luar dada. Ini memang termasuk kasus langka, 1 : 7,9 juta kelahiran. Nyaris jarang ada bayi yang lolos dari maut bila hatinya berada 48 jam di luar tubuhnya. Bayangkan saja, hati/jantung yang tidak terlindungi oleh apa pun, ini sangat fatal.

Kalaupun bayi itu bisa bertahan, umumnya akan mengalami cacat yang cukup serius pada jantung, juga cacat tulang belakang, misalnya bungkuk. Anehnya, Christopher lolos dari maut dan sehat-sehat saja. Ini fenomena tersendiri dalam dunia kedokteran.


0 komentar to "Christopher Wall Tetap Hidup meski 48 Jam Jantungnya Berada di Luar Tubuh"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet