Kenapa Rambut Ketiak Tak Sepanjang Rambut Kepala ya?

Kalau kita lihat rambut yang tumbuh di kepala kita, bila dibiarkan tumbuh, semakin lama akan semakin panjang. Sedangkan bila kita bandingkan dengan rambut yang ada di lengan kita, tampaknya tidak bertambah panjang. Mau tahu kenapa?

Tiap helai rambut di tubuh kita itu, tumbuh dari satu kantong rambut. Di dalam kantong rambut tersebut, sel-sel rambut baru terbentuk di akar, dan dimulai dari tangkai rambut.

Pada saat sel-sel baru terbentuk, maka sel-sel baru tersebut akan mendorong sel-sel yang lebih tua untuk keluar dari kantong rambut tersebut. Nah, pada saat sel-sel yang lama terdorong keluar, sel-sel tersebut mati dan menjadi rambut seperti yang kita lihat.

Setiap kantong rambut akan menghasilkan sel-sel baru dalam beberapa periode. Hal itu tergantung letak kantong rambut yang berada di tubuh. Periode untuk menghasilkan sel baru ini disebut fase pertumbuhan.

Setelah fase pertumbuhan, kantong rambut akan berhenti memproduksi sel-sel baru untuk beberapa lama. Fase ini disebut dengan fase istirahat. Setelah melewati fase istirahat, kantong rambut kemudian akan memulai fase pertumbuhan lagi.

Pada saat kantong rambut memasuki fase istirahat, batang rambut patah. Jadi, rambut yang lama menjadi rontok dan digantikan dengan rambut yang baru. Untuk itu, waktu yang diperlukan rambut untuk tumbuh selama fase pertumbuhan akan mengontrol panjang maksimum rambut.

Sedangkan pada rambut di lengan, sel-selnya akan memprogram untuk berhenti tumbuh setiap beberapa bulan. Hal inilah yang menyebabkan rambut-rambut di lengan kita tetap pendek. Kantong rambut di kepala kita diprogram untuk membiarkan rambut tumbuh selama bertahun-taun, sehingga rambut di kepala kita dapat tumbuh dengan panjang. Itulah sebabnya kenapa rambut di kepala bertambah panjang, sedangkan rambut di lengan kita tetap pendek. Wah..bayangkan aja kalo proses pertumbuhan rambut dikepala ama di ketiak sama


2 komentar to "Kenapa Rambut Ketiak Tak Sepanjang Rambut Kepala ya?"

testing

Followers

Other WidGet