Teknologi konsumen 2008

Lebih dari 20.000 alat dan teknologi baru dari lebih dari 2.700 perusahaan dipamerkan pada Pameran Elektronik Kosumen di Las Vegas, Amerika Serikat.
Beberapa alat canggih menjadi perhatian para pengunjung dan orang-orang yang antusias dengan teknologi konsumen terbaru.
SLACKER

Media player ini akan bersaing dengan alat lain yang banyak jenisnya di pasaran Mencari lagu baru adalah salah satu kesenangan konsumen dan situs penyedia musik seperti Slacker banyak membantu. Tetapi sekarang anda bisa mendapatkan akses untuk menemukan lagu-lagu yang belum anda temukan dengan bantuan alat kecil ini.

Slacker mengeluarkan mesin pemutar lagu dan film yang memakai sambungan internet tanpa kabel, wi-fi, untuk membantu konsumen menemukan band dan musisi baru. Alat ini diibaratkan sebagai radio kecil pertama di dunia yang bisa disesuaikan dengan kesenangan si pemilik.
Alat ini bekerja dnegan mendownload lagu-lagu baru ke mesin anda, berdasarkan jenis musik yang suka anda dengarkan, setiap kali disambungkan ke internet lewat wi-fi atau komputer anda.
Anda bisa memilih 40 "stasiun radio" berbeda, memuat sampai 4.000 lagu, dengan kapasitas penyimpanan 500MB, 1.5GB dan 4GB. Jasa dan media player dari Slacker untuk saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat dan diperkirakan akan dirilis pada akhir Januari.

GPS Cerdas

GPS ini memiliki sambungan internet dua arah Perusahaan pembuat alat bantu navigasi atau pemetaan satelit, GPS (Global Positioning System) belakangan ini mulai menambahkan lebih banyak fitur pada alat GPS buatan mereka karena sudah tidak puas dengan fungsi GPS sebagai penunjuk arah saja.

Alat GPS yang dipamerkan di Pameran Elektronik Kosumen di Las Vegas mampu mendownload jadwal film di bioskop, mencari tempat parkir kosong dan mencegah jalan macet.

Satu perusahaan, Dash Navigation, meluncurkan alat yang disebut Dash Express yang bertujuan mengumpulkan data dari jaringan pemilik alat mereka untuk mecari jalan yang tidak macet. Alat ini bisa menerima informasi tentang kemacetan lalu lintas dari sejumlah sumber berbeda termasuk alat milik orang lain.

Pada intinya, masing-masing unit berperan sebagai sensor kemacetan yang mengirimkan data lokasi dan kecepatan mobil pemiliknya dengan menggunakan sambungan internet permanen. Di markas Dash, perusahaan itu memproses keadaan kemacetan setiap menitnya dan memberi rute jalan alternatif jika jalan yang anda tuju macet.

Teorinya, alat ini akan mendapat informasi yang lebih akurat dengan semakin banyaknya pengguna Dash di jalan. Alat ini dikembangkan dengan bantuan Yahoo dan membolehkan pengguna mencari lokasi suatu tempat atau bahkan SPBU yang menjual bensin paling murah.

MEMORI NIRKABEL

Memori card ini bisa mengirim langsung foto anda ke situs web Agar lebih cepat berbagi foto, dibutuhkan kamera nirkabel. Tetapi bagi orang-orang yang tidak mau mengeluarkan uang lagi untuk membeli kamera baru, ada jalan keluar lain.

Sebuah perusahaan bernama Eye-Fi telah mengembangkan beberapa memori card dengan kemampuan wi-fi yang secara otomatis mengubah kamera anda menjadi alat nirkabel. Memori card ukuran 2GB bisa langsung menyambungkan diri ke jaringan wi-fi dan bisa mengirim foto-foto anda ke folder di komputer atau ke situs jaringan sosial dan situs penyimpanan foto online.

Perusahaan ini sudah punya kesepakatan dengan Flickr, Photobucket dan Facebook. Piranti lunak yang digunakan memori card ini mengolah nama login dan password, dan bahkan secara otomatis mengubah ukuran foto jika dibutuhkan oleh situs yang bersangkutan.

Untuk mengirim foto-foto tadi ke komputer, komputer anda harus beroperasi dan menjalankan piranti lunak pengaturan foto (photo managing). Saat ini memori card ini hanya tersedia di Amerika Serikat tetapi akan mulai dipasarkan di Eropa pada akhir 2008.

PC DENGAN WIMAX

PC Eee dilengkapi dengan sambungan nirkabel cepat Komputer kecil dan ringan dari Asus menjadi salah satu produk komputer terlaris dalam 12 tahun terakhir dan lebih dari 350.000 mesin sudah terjual dalam tiga bulan belakangan.

Eee buatan Asus ini disukai orang karena memiliki kemampuan penyimpanan 4GB, mungil dan harga terjangkai. Komputer ini menjalankan sistem operasi Linux, tetapi juga bisa menggunakan Windows XP.

Perusahaan ini kini memasarkan model baru, yaitu layar 7, 8 dan 9 inci, tetapi yang terpenting model baru Eee memiliki Wimax yang menambah kemampuan nirkabel mesin mereka.

Memang saat ini tidak banyak tempat di dunia di mana Wimax digunakan, meski 70 negara kini tengah menjalankan proyek percobaan Wimax. Namun Intel yakin bahwa Wimax di masa depan akan sukses sebagai jaringan nirkabel generasi baru.

Harga komputer Eee termurah yang dilengkapi dengan Wimax adalah sekitar $999 (kurang dari Rp 9,5 juta), menurut laporan-laporan meski Asus sampai sejauh ini belum mengungkap harga mesin baru mereka.

GAME VIRTUAL REALITY

Rompi ini memiliki kantong-kantong udara yang bisa kembang kempis Jika anda ingin tahu apa rasanya menerbangkan pesawat tempur atau mengemudikan mobil formula satu, anda kini bisa merasakannya.

TN Games merancang pakaian bagi para pemain game yang bisa mensimulasi efek dari game yang dimainkan. Rompi buatan mereka dikembangkan dari teknologi yang awalnya dirancang bagi dokter untuk memeriksa pasien dari jarak jauh.

Rompi tersebut, yang disambungkan ke komputer dengan kabel USB, memiliki kompresor ringan udara yang memompakan udara ke kantong-kantong. Satu Versi rompi ini dirancang untuk game tembak-menembak karena memiliki delapan kantong udara yang bisa meniru efek dari tembakan peluru. Versi lain rompi game tersebut mensimulasi gaya gravitasi yang dirasakan ketika mengemudi mobil cepat dan menerbangkan pesawat.

Ketika pemain memacu kecepatan, kantong udara mengembang. Akselerasi kecepatan membuat kantong udara dipompa dengan lebih cepat juga, sementara menginjak rem mengaktifkan kantong udara di bagian punggung. Perusahaan ini juga merancang lengan, penutup kaki dan helm yang bisa disambungkan ke rompi khusus ini untuk memberi "pengalaman game yang dirasakan oleh seluruh bagian tubuh".

Sumber : BBC


0 komentar to "Teknologi konsumen 2008"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet