tips hemat BBM

Jakarta Harga BBM yang semakin melambung bikin kita harus berhemat ketat. Nah, supaya mobil dan motor nggak boros bensin, simak tips berikut ini.

Jangan Menyalakan Mesin Terlalu Lama
Dalam keadaan tak berjalan atau parkir, sebaiknya matikan mesin. Jangan nyalakan mesin jika mobil diam terlalu lama. Setelah menyalakan mobil di pagi hari, jangan terlalu lama memanaskannya. Dilansir Bankrate, Jumat (7/10/2005), mesin ternyata lebih cepat panas ketika sudah berjalan. Intinya, jika mobil diam di suatu tempat lebih lama dari 30 detik, sebaiknya matikan saja mesinnya.

Berjalan Stabil
Mengendarai mobil dengan stabil dan tenang terbukti menghemat BBM. Hindari sering mengganti akselerasi, turun naik kecepatan membuat bensin sangat boros. Dengan menyetir pada kecepatan stabil, kegiatan mengerem yang membuat mobil semakin boros juga berkurang.

Aliran bensin akan semakin meningkat deras pada kecepatan di atas 60 km/jam. Selain menghemat bensin, menyetir dengan tenang dan stabil juga membuat mesin, kopling, rem, dan ban lebih awet. Hemat kan?

Kurangi Beban Kendaraan
Sebisa mungkin jangan membawa banyak barang pada mobil anda. Pada kecepatan tinggi, 50 persen kekuatan mesin berkonsentrasi pada tarikan kecepatan. Jangan tambah beban mobil anda dengan membawa barang-barang berat di atas kendaraan.

Begitu juga dengan penggunaan air conditioner alias AC. Menyalakan AC akan menyita kekuatan mesin dan menambah aliran bensin.

Pertahakankan Temperatur Mesin
Hindari banyak berhenti dalam jarak yang dekat. Mesin yang mulai panas karena perjalanan akan kembali dingin ketika anda berhenti lama. Padahal, mesin yang dingin sangat tidak efisien. Sebisa mungkin atur perjalanan sehingga anda tak banyak berhenti dan mendinginkan mesin.

Standar Bensin
Jika kendaraan anda biasa menggunakan premix, jangan beralih ke premium. Jenis bensin sudah ditentukan oleh sang perusahaan perakit dengan mempertimbangkan beberapa faktor terutama kenyamanan mesin.

Periksa Ban
Selalu periksa ban anda sebelum bepergian. Ban yang kurang tekanan anginnya membuat kerja mesin lebih keras. Ban yang kempis juga dapat menyebabkan panas dan merusak ban. Tekanan standar ban biasanya terdapat di dalam mobil.

Jaga Kondisi Mesin
Menjalankan mobil dalam keadaan rusak bisa membuat bensin semakin boros. Jika anda merasa ada bau, bunyi, dan getaran yang tidak biasa, segera periksakan mobil anda. Kerusakan ringan pada mesin bisa mengakibatkan bensin lebih boros 10-20 persen.

Tidak Perlu Mengisi Penuh
Tidak perlu mengisi tanki sampai penuh ketika membeli bensin. Bensin yang berlebih akan meresap dan menguap, jadi tak akan ada gunanya. Isi sampai setidaknya 3/4 bagian sudah cukup untuk mobil anda.

Kencangkan Tutup Bensin
Jika ada lubang atau celah, bensin bisa menguap. Menurut Car care council setidaknya 147 juta galon bensin 'menghilang' setiap tahunnya hanya karena tutup tanki bensin yang tidak sempurna.

Perhatikan Suhu Mobil
Sinar matahari langsung bisa membuat temperatur mobil meningkat. Suhu di dalam mobil bisa terasa seperti suana. Keadaan tersebut bisa membuat bensin mobil mudah menguap. Selalu usahakan memarkir mobil anda di tempat teduh. Sarung mobil atau penutup kaca mobil bisa membantu menurunkan suhu pada saat mobil anda diparkir di tempat yang panas.


0 komentar to "tips hemat BBM"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet