Penglihatan dan Usia

Mata adalah salah satu organ optik canggih yang menjadi bagian tubuh kita. Seringkali, bertambahnya usia dihubungkan dengan mulai memudarnya kejernihan pandang, sekaligus menjadi sumber timbulnya masalah-masalah seperti katarak dan sebagainya. Apakah memang ada hubungannya?

Katarak sangat umum diidentikkan dengan usia yang lanjut. Mengapa? Lensa mata terbentuk dari air dan molekul protein. Dengan bertambahnya usia, molekul-molekul ini menjadi rapat satu sama lain. Kemudian terbentuklah kabut di area lensa, hal ini akan menghalangi cahaya untuk mencapai bagian retina.

Pernah kelilipan? Nah, saat kita kelilipan, kita merasakan sesuatu menghalangi pandangan, mata tidak bisa melihat dengan jelas. Sebenarnya, sesuatu yang masuk ke mata akan menghalangi pandangan jika tepat menghalangi tempat masuknya cahaya ke bagian retina, dan akan menyebabkan kaburnya pandangan mata.

Dalam dunia kedokteran, kaburnya pandangan pada usia lanjut juga disebabkan oleh degenerasi makula. Apa itu makula? Makula merupakan daerah amat kecil pada retina mata yang bertanggung jawab atas tugas penglihatan detail.

Marsekal Udara Raman R. Saman, MD Ophth, AMS, MBA, dokter ahli penyakit mata, menyebutkan bahwa pada manula, kemungkinan pecahnya pembuluh-pembuluh darah kecil (trombosis) sekitar retina menjadi lebih besar. Trombosis mudah terjadi akibat penggumpalan sel-sel darah merah dan penebalan pembuluh darah halus. Sekitar 70% bentuk degenerasi makula bersifat involutif (tipe kering) yang berkaitan erat dengan proses penuaan (usia 60 ke atas) karena kerusakan atau penipisan jaringan pada makula.


0 komentar to "Penglihatan dan Usia"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet