NiGersaurus...fosil dari nigeria


DINOSAURUS, satwa yang pernah hidup jutaan tahun lampau, memang menarik. jenisnya pun sangat banyak dan kini koleksi dinosaurus kita bertambah dengan satu jenis dinosaurus yang aneh. Hmm… hal aneh apa sech yang ada pada dinosaurus ini?

REPTIL dari NIGERIA
Nama lengkap dinosaurus ini adalah Nigersaurus Taqueti. Nama ini di pilh untuk menghormati negara tempat dinosaurus itu di temukan, Nigeria. sedangkan Taqueti, paleontologis asal prancis penemu tulang Nigersaurus pada tahun 1950-an. ia menemukan tulang pertama Nigersaurus di Gadoufaona, Nigeria. pada saat itu jenis Dinosaurus ini belum punya nama.

beberapa tahun kemudian, pekerjaan taqueti di lanjutkan tim peneliti yang di pimpin paul sereno, paleontologis dari Universitas Chicago, Amerka Serikat.

panjang tubuh Nigersaurus dewasa sekitar 9m. tinggi pinggulnya 2,5m, bobotnya di perkirakan 1.800 kg. ada hal ganjil pada tulang Nigersaurus. beberapa tulang kepalanya sangat tipis hingga bisa tembus cahaya. beberapa tulang lainya ringan dan cenderung rapuh. ternyata tulang-tulang tersebut mampu menopang tubuh Nigersaurus yang besar dan berat. Aneh, tapi menkjubkan!

Ada lagi keanehan Nigersaurus yyang tak kalah menarik. coba lihat mulutnya. bagian moncong tampak lebar, lebih lebar di banding bagian belakang kepalanya. hal itu menjadikan bentuk kepala Nigersaurus unik dan tidak lazim.

Tak kalah aneh adalah giginya. dengan rahang bertepi persegi, gigi-gigi Nigersaurus hanya ada di bagian depan, tersusun rapi seperti sisir dan kecil-kecil.

Untuk menguak rahasia lain yang ada di kepala Nigersaurus, para ahli menggunakan sinar-X yang dinamakaan pemindai Tomografi terkomputasi (computed tomography scanner).

Alat ini bekerja seperti mata superman yang bisa melihat sesuatu di balik tembok. Hasilnya mengejutkan. para ahli menemukan gigi-gigi Nigersaurus tersusun bertumpuk seperti baterai senter, jumlahnya sekitar 500 gigi!

Nigersaurus taqueti hidup sekitar 110 juta tahun yang lampau. saat itu gurun sahara merupakan tempat yg subur dan penuh pepohonan, air pun melimpah. sebagai satwa herbivora, Nigersaurus senang menyantap tumbuhan. Vegetasi yang disukanya adalah tumbuhan lunak seperti pinus muda dan rerumputan.

para ahli yakin postur Nigersaurus tidak beda jauh dengan sapi masa kini. Kepalanya selalu mengarah ke tanah, tempat rerumputan tumbuh.

ratusan gigi Nigersaurus bekerja seperti mesin pemotong rumput. namun karena bagian belakang mulutnya tidak bergigi, ia tidak bisa mengunyah. berarti makanannya langsung di telan?


0 komentar to "NiGersaurus...fosil dari nigeria"

testing

Followers

Other WidGet