3 Magic Words

Oleh : Yani Lidyawati, S.Psi

Manusia merupakan makhluk sosial, yang berarti setiap manusia memerlukan hubungan dengan orang lain. Manusia tidak dapat hidup sendiri, kita memerlukan orang lain dalam menjalankan kehidupan ini. Dalam berhubungan dengan orang lain, kita tidak lepas dari yang bernama komunikasi. Bahkan orang-orang yang memiliki kekurangan dalam berbicara atau tuna wicara pun memerlukan bahasa isyarat untuk dapat mengkomunikasikan apa yang ia kehendaki. Oleh sebab itu betapa pentingnya komunikasi dalam kehidupan manusia.

Terima kasih, Maaf dan Tolong merupakan tiga kata ajaib (3 magic words) yang dapat kita sertakan dalam kita berkomunikasi. Berikut penjelasannya :

TERIMA KASIH
Pada dasarnya manusia akan merasa senang ketika apa yang ia katakan atau lakukan dihargai oleh orang lain. Untuk memberikan penghargaan apa yang telah orang lain katakan atau lakukan pada kita, kata “terima kasih” merupakan kata yang efektif untuk diucapkan dalam kita berkomunikasi. Cobalah ucapkan kata “terima kasih” dalam kita berkomunikasi, kita akan mendapatkan lawan bicara kita merasa senang dan dihargai. Ucapan terima kasih dapat kita berikan kepada siapa saja. Kita berterimakasih pada Tuhan atas segala rahmat-Nya dalam hidup kita. Dapat pula kita ucapkan kepada orang tua kita yang telah membesarkan dan mendidik kita. Atau antara atasan dan bawahan yang telah memberikan kontribusi. Kepada teman atau sahabat kita juga bisa kita mengucapkan terimakasih. Bahkan pada orang yang baru kita kenal kita juga bisa mengucapkan terimakasih. Kepada siapapun lawan bicara kita, gunakanlah kata “terima kasih” untuk menunjukkan bahwa kita menghargai mereka.

MAAF
Dalam membangun hubungan dengan orang lain, manusia tidak luput dari kesalahan yang dibuat. Meskipun kita sudah berhati-hati dalam bertutur kata dan bertingkah laku, namun seringkali kita dapat melukai atau membuat kesalahan kepada orang lain. Kata “maaf” merupakan kata yang paling tepat untuk diucapkan pada saat kita melakukan kesalahan kepada orang lain. Ketika kata “maaf” diucapkan dengan tulus, dapat memulihkan hubungan yang rusak karena kesalahan yang kita buat. Mulai sekarang belajarlah untuk mengucapkan kata “maaf” kepada siapapun kita melakukan kesalahan. Lihatlah akan banyak hubungan dipulihkan dan akan banyak kesalahan dihapuskan ketika “maaf” diucapkan dengan tulus.

TOLONG
Manusia tidak dapat hidup sendiri, kita membutuhkan pertolongan dari orang lain untuk menjalankan kehidupan ini. Sebagai contoh, tanpa pertolongan dari para petani, kita tidak dapat menikmati nasi yang kita santap dari setiap hari. Masih banyak lagi daftar pertolongan dari orang lain yang kita terima setiap harinya. Oleh sebab itu tidak salah apabila kita mengucapkan kata “tolong” ketika kita meminta atau memerlukan bantuan dari orang lain. Tentunya orang tersebut akan merasa lebih dihargai ketika ada kata “tolong” didepan kalimat kita. Entah kepada pembantu rumah tangga yang senantiasa membantu di rumah, kepada bawahan di kantor ketika kita meminta mereka menyelesaikan suatu tugas, dan kepada siapapun tanpa memandang tinggi rendahnya status. Biasakan menaruh kata “tolong” ketika kita membutuhkan bantuan orang lain, dan kita akan melihat orang lain lebih dihargai dengan kata-kata kita.

Senantiasalah untuk menggunakan 3 magic words (terima kasih, maaf, tolong) dan kita akan mendapati komunikasi kita akan lebih baik. Kita akan melihat orang lain merasa dihargai dan merasa senang ketika berkomunikasi dengan kita. Apa yang kita ucapkan dapat menunjukkan siapa kita, oleh karena itu pastikan kata-kata yang keluar dari mulut kita adalah kata-kata yang tepat untuk diucapkan dan membangun bagi orang yang mendengarnya.


0 komentar to "3 Magic Words"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet