Alasan Kenapa Ada Saku kecil Pada Celana Jeans Asli


Pernah tidak terlintas kenapa celana jeans selalu ada saku kecil di bagian sebelah kanannya? Selintas saku kecil ini tak ada fungsinya selain hanya sekadar tempelan untuk menambah aksentuasi gaya pemakainya, atau mungkin merupakan ciri khas celana jeans. Namun, dari saku imut-imut inilah sebenarnya bisa dibaca sejarah celana yang dipopulerkan oleh Levi Strauss tahun 1880 ini, delapan tahun setelah jeans masuk ke Amerika Serikat (AS) tahun 1872.

Sebagai jenis tekstil, jeans pertama kali dibuat di Genoa, Italia tahun 1560-an. Kain celana ini biasa dipakai oleh angkatan laut. Orang Prancis menyebut celana ini dengan sebutan “bleu de Génes“, yang berarti biru Genoa. Meski tekstil ini pertama kali diproduksi dan dipakai di Eropa, tetapi sebagai fashion, jeans dipopulerkan di AS oleh Levi Strauss, seorang pemuda berusia dua puluh tahunan yang mengadu peruntungannya ke San Francisco sebagai pedagang pakaian. Ketika itu, AS sedang dilanda demam emas.

Akan tetapi, sampai di California semua barangnya habis terjual, kecuali sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Kain kanvas ini dipotongnya dan dibuatnya menjadi beberapa celana yang dijual pada para pekerja tambang emas. Dan ternyata para pekerja menyukainya karena celana buatan Strauss tahan lama dan tak mudah koyak. Merasa mendapat peluang, Strauss menyempurnakan “temuannya” dengan memesan bahan dari Genoa yang disebut “Genes”, yang oleh Strauss diubah menjadi “Blue Jeans“.

Di sinilah para penambang tambah menyukai celana buatan Strauss dan “menobatkan” celana itu sebagai celana resmi para penambang. Para penambang emas itu menyebut celana Strauss dengan sebutan “those pants of Levi`s” atau “Celana Si Levi”. Sebutan inilah yang mengawali merek dagang pertama celana jeans pertama di dunia.
Naluri bisnis Strauss yang tajam membuatnya mengajak pengusaha sukses Jakob Davis untuk bekerja sama, dan pada tahun 1880 kerja sama itu melahirkan pabrik celana jeans pertama. Dan produk desain mereka yang pertama adalah “Levi’s 501“.

Alasannya:
Produk desain pertama memang dikhususkan bagi para penambang emas. Celana ini memiliki 5 saku, 2 di belakang dan 2 di depan, dan 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan.

Karena diperuntukkan bagi para penambang, saku ini tentu bukan untuk bergaya-ria. Tetapi saku imut-imut ini dirancang untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Meski kini jeans diproduksi dalam berbagai merek dan bukan hanya untuk para penambang, tetapi saku imut-imut itu masih tetap ada. Tentu saja sekarang fungsinya sekarang tidak lagi digunakan sebagai tempat menyimpan butiran emas.


8 komentar to "Alasan Kenapa Ada Saku kecil Pada Celana Jeans Asli"

  • When I initially commented I clicked the "Notify me when new comments are added" checkbox
    and now each time a comment is added I get several e-mails with the same comment.

    Is there any way you can remove me from that service? Thanks!



    Here is my web site: Aquamira.com

  • Fabulous, what a blog it is! This weblog gives valuable facts to us, keep it up.


    Feel free to surf to my site - pylc.ru

  • I am really impressed together with your writing talents and also with
    the structure to your blog. Is that this a paid topic or did you customize it yourself?
    Anyway keep up the excellent quality writing, it is uncommon
    to peer a nice weblog like this one these days.

    .

    my web page care home Excellence

  • It's very effortless to find out any matter on net as compared to books, as I found this paragraph at this site.

    Look at my homepage ... best Android tablet under 200

  • assalam sobat,, artikenya bagsu sangat ni :)
    salam kenala yea :)

  • Hello theгe! Would yоu mіnd if І shaге youг
    blog ωіth my facebook gгouр?
    Τheгe's a lot of people that I think would really enjoy your content. Please let me know. Many thanks

    My site :: diamondlinks review

  • thanks gan

  • Kalau saya memanfaatkannya untuk mengantongi uang receh gan! Hehehe...

    Visit me:
    www.superrefreshing.blogspot.com

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet