Manfaat Sisa Kopi & Teh

Teh, kopi, atau minuman bersoda kadang-kadang tidak selesai dihabiskan. Karena alasan terburu-buru atau lupa, sering kali ditemukan sisa-sisa minuman tersebut teronggok di meja. Eits, jangan buru-buru dibuang. Gunakan untuk beberapa hal berikut:

Kopi
- Gores pada kayu. Celupkan kain lap pada kopi lalu oleskan pada furnitur atau lantai kayu Anda. Kopi akan ‘mewarnai’ goresan pada kayu tersebut sehingga menyamarkan kerusakan.

- Menghilangkan bau bawang. Oleskan ampas kopi—jika Anda meminum kopi berampas—pada tangan setelah memotong bawang, lalu basuh menggunakan sabun. Bau pun hilang.

- Menjauhi serangga. Gunakan ampas kopi sebagai pertahanan alami dari serangga. Sebarkan di kebun atau pot bunga, serangga pun tidak berani mendekat.

- Menyuburkan tanaman. Campurkan ampas kopi dengan tanah untuk menyuburkan tanaman tomat Anda.

- Menghilangkan bau lemari es. Simpan ampas kopi dalam mangkuk, letakkan di rak lemari es paling atas, dan ampas kopi akan menyerap bau.

Teh
- Mengangkat bekas gosong. Rendam peralatan masak Anda dalam air hangat dicampur ampas teh dari dua kantong teh celup selama semalam. Pagi harinya, bekas gosong pada panci atau penggorengan bisa dihilangkan dengan mudah.

- Mengurangi kantong mata. Simpan kantong teh celup bekas di kulkas. Setelah dingin seluruhnya, simpan kantong tehnya di atas mata Anda selama 10 menit. Teh dingin akan mengurangi bengkak.

- Mengilapkan sepatu. Gosokkan sisa teh pada sepatu berwarna gelap Anda dengan gerakan melingkar. Kemudian lap dengan kain kering. Teh bakal membersihkan sepatu dan mengilapkan warnanya. Gunakan trik ini hanya pada bahan kulit—asli maupun imitasi, jangan pada bahan suede.

- Membersihkan kaca. Isi botol penyemprot dengan setengah bagian air dan setengah lagi ampas teh. Semprotkan pada jendela kaca lalu usap dengan kertas koran. Kaca Anda mengilap tanpa bahan kimia.

- Meredakan iritasi. Teh dapat meredakan iritasi kulit yang disebabkan tumbuhan beracun, terbakar matahari, tergores silet, atau gigitan serangga. Cukup tempelkan kapas yang dicelupkan dalam teh dingin.

Soda
- Bersihkan bekas gosong. Siram 1 cangkir cola pada panci yang terdapat noda gosong. Lalu panaskan di atas oven yang sedang nyala pada suhu panas yang rendah selama 30 menit, kemudian bilas.

- Menyingkirkan karat. Untuk benda berkarat berukuran kecil, rendam dalam semangkuk soda semalaman. Pagi harinya, bersihkan dan usap dengan kain kering. Voila, karat hilang!

- Menghapus noda bensin. Siram cola pada lantai garasi mobil rumah (atau bagian rumah lain) yang tertumpah bensin. Biarkan selama dua jam, lalu siram untuk membersihkannya.


1 komentar to "Manfaat Sisa Kopi & Teh"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet