5 Letusan Gunung Paling Mengerikan di Dunia

Menurut ahli Geologi, Indonesia adalah negara yang dikelilingi oleh cincin api yang merupakan jalur dari gunung berapi. Belum reda letusan gunung di Sinabung, semalam, Rabu (13/2) Gunung Kelud di Kediri meletus dahsyat.
Ternyata letusan gunung Kelud belum seberapa dan ada yang masih dahsyat lagi. Di Indonesia sendiri ada 2 gunung yang masuk dalam catatan majalah Time sebagai gunung berapi terdahsyat sedunia.

Berikut gunung berapi di seluruh dunia yang ledakannya menimbulkan kerusakan yang mengerikan.

1. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau meletus pada 1883 dan kekuatan ledakannya bisa didengar dari jarak ribuan mil. Bahkan batuan yang dilontarkan pun sampai di pulau-pulau kecil di laut Afrika Timur.

Menurut para peneliti letusan Krakatau sebesar 13.000 kali kekuatan bom atom. Begitu dahsyatnya hingga menimbulkan tsunami besar dan menerjang Pulau Sumatera dan sekitarnya. Pasca letusan, Krakatau merosot ke dalam laut, namun muncul pulau baru di lokasi yang sama pada tahun 1927. Hingga kini anak Krakatau masih aktif dan terkadang mengeluarkan letupan kecil

2. Vesuvius

Vesuvius
Gunung yang berada di teluk Maples, Italia Selatan ini masih aktif dan tercatat 30 kali meledak. Letusan dahsyat terjadi pada tahun 78 Masehi dan menghilangkan kota Pompeiii dan Stabiae.

Letusan lava dan abu tebal terjadi selama berhari-hari. Tak ada pertanda apapun, gunung Vesuvius pun meletus dan membuat orang-orang lari menyelamatkan diri. Menurut catatan ahli arkeolog tercatat 1000 orang menjadi korban.

3. Tambora

Tambora
Gunung berapi dengan ledakan terdahsyat kedua di Indonesia sekaligus di seluruh dunia ini meletus pada tahun 1815. Ledakan gunung ini membuat Pulau Sumbawa berada dalam kegelapan.

Dampak letusan ini menimbulkan kelaparan, penyakit dan tsunami yang membuat puluhan ribu orang tewas. Ledakan gunung ini merupakan terbesar yang pernah dicatat dalam sejarah. Bahkan panas yang menyembur melubangi atmosfir dan mengubah iklim dunia, Daerah Amerika dan Utara dan Eropa pun dilanda musim dingin hebat.

4. Mauna Loa

Mauna Loa
Gunung yang berada di Hawaii ini merupakan gunung berapi terbesar di dunia. Selain itu gunung ini merupakan salah satu dari gunung berapi yang membentuk Pulau Hawaii.

Gunung ini tercatat telah meletus 33 kali dan terakhir pada tahun 1984. Meski sudah tidak meletus, namun gunung ini masih aktif dan bisa meletus kapan saja.

5. Pinatubo

Pada tahun 1991 gunung yang berada di pulau Luzon, Filipina ini meletus hebat. Untungnya letusan ini telah diprediksi dan puluhan ribu orang mengungsi menyelamatkan jiwanya.

Letusan ini menghancurkan daerah sekitar gunung karena aliran piroklastik, abu dan lahar. Tak terbayangkan seandainya letusan ini tak terprediksi, berapa ribu nyawa yang bakal melayang.


0 komentar to " 5 Letusan Gunung Paling Mengerikan di Dunia"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet