Hati-hati! Salah Sabun Payudara Pria Bisa Membesar

Colorado, Lemon, lavender, mint, apel, hmmm... pilih aroma sabun yang mana? Hati-hati, bagi para pria, salah pilih sabun bisa bikin payudara membesar. Nah lho!

Demikian hasil kesimpulan Dri Clifford Block, dokter spesialis anak Universitas Colorado. Block membuat kesimpulan tersebut dari hasil observasi 3 orang pasiennya yang berusia 10, 7, dan 4 tahun. Ketiganya mengalami pembesaran payudara.

Setelah diselidiki ternyata ketiganya sama-sama menggunakan produk perawatan, minyak gosok atau sabun dari ekstrak pohon teh dan lavender. Kandungan zat dalam ekstrak lavender dan pohon teh dipercaya mempunyai efek yang mirip dengan estrogen. Tak hanya sabun atau minyak gosok, kandungan bahan ini di shampo, lotion, dan beberapa produk lain dipercaya juga menghasilkan efek yang sama.

"Ada hubungan yang signifikan antara reaksi minyak lavender dan pohon teh dengan pembesaran abnormal payudara pada pria," kata Derek Henley, ilmuwan dari National Institute of Environmental Health Sciences, North Carolina, yang juga melakukan penelitian serupa.

Kennet Korach dari US National Institute of Environmental Health Sciences menguatkan pernyataan Derek. Menurutnya, minyak lavender bisa mengaktifkan hormon estrogen yang membuat payudara membesar. Hormon androgen pun melemah sehingga pembesaran payudara tersebut tak terhindarkan.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Kenneth. Tapi pengaruh lavender ini tak hanya berpengaruh pada pria, wanita juga mengalami hal yang kurang lebih sama. Ketika penggunaan produk dengan ekstrak lavender atau pohon teh dihentikan, payudara pelan-pelan menyusut lagi.

Menurut kedua ilmuwan tadi, efek lavender memang tidak mutlak terjadi pada pria. Kejadian semacam ini cukup jarang, tapi bisa dijadikan referensi jika seorang pasien pria mengalami pembesaran payudara.


1 komentar to "Hati-hati! Salah Sabun Payudara Pria Bisa Membesar"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet