Intel Siapkan Atom untuk Menguasai Dunia

TGDaily melaporkan bahwa Intel telah mengeluarkan prosesor yang mereka sebut produk paling signifikan setelah keluarnya prosesor Pentium: prosesor Silverthorne dan Diamondville yang dibuat khusus untuk alat - alat portabel dengan merk "Atom." Walaupun Atom tidak akan memecahkan rekor baru dalam segi kinerja di PC atau laptop anda, mereka adalah chip berharga sangat murah yang diproduksi dalam jumlah sangat besar untuk menguasai pasar alat portabel dan PC murah.

Prosesor Atom ini pada mulanya akan ditargetkan untuk mobile internet devices (MIDs) dan kemudian akan diarahkan ke pasar - pasar berkembang untuk mencapai konsumen miskin. Secara keseluruhan ide ini tidaklah baru, AMD juga telah berada dalam pasar ini selama beberapa waktu dengan CPU Geode, VIA memiliki chip C7-M dan ARM memiliki beberapa cetak biru yang telah dilisensikan ke para produsen di seluruh dunia.

Akan tetapi untuk Intel, segmen pasar ini masih relatif baru dan Atom dikembangkan sebagai sebuah usaha serius untuk merebut pangsa pasar di segmen alat - alat portabel dan komputer murah. Intel akan menawarkan dua versi Atom: versi untuk alat - alat portabel akan dibasiskan core Silverthorne, sedangkan versi untuk PC murah dibasiskan core Diamondville yang merupakan turunan Silverthorne yang telah dioptimisasi untuk mengoperasikan aplikasi desktop.

Dalam segi kinerja, Intel membandingkan Atom dengan Pentium M 90nm dengan core Dothan, akan tetapi Silverthorne mengintegrasikan lebih sedikit cache L1-D (24KB vs 32KB) dan cache L2 yang lebih kecil (512KB vs 2MB) sedangkan kedua prosesor ini cukup mendekati dari segi frekuensi.

Yang membuat Atom istimewa bukanlah kinerja atau konsumsi energinya, yaitu 0,6 - 2,5 watt, akan tetapi fakta bahwa Intel akan membuat satu lagi platform bernama Atom Centrino dan ternyata mereka mampu memproduksi CPU ini hanya dengan beberapa dolar saja. Strategi Centrino sebelumnya telah sukses besar dan strategi ini, yang akan mengikutkan grafik, WiFi, 3G dan WiMax melalui platform Menlow dibuat untuk menekan harga produksi serendah mungkin.

Menurut CEO Paul Otellini, Silverthorne adalah CPU termurah perusahaan tersebut dalam 20 tahun terakhir dan Intel berkesempatan untuk mengintegrasikan prosesor - prosesor ini ke dlaam prodk - produk dengan harga kurang dari $100.


0 komentar to "Intel Siapkan Atom untuk Menguasai Dunia"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet