Proses Matinya Sebuah Bintang

Perhatikan baik2 gambar nebula ini. Ini adalah gambar bagaimana sistem tata surya kita akan terjadi dalam kurang lebih 5 miliar tahun lagi. Gas gelembung cahaya NGC 2371 mengelilingi sebuah titik putih kecil yang merupakan sebuah nebula seperti planet yang kemungkinan dihasilkan dari ledakan bintang, seperti matahari. Semua itu meninggalkan bagian tengah yang asli yaitu inti yang besar berwarna merah. Bagian titik putih kecil bekas terbakar dengan temperatur sekitar 133.315 derajat celcius dan terletak di bagian rasi Gemini yang berjarak sekitar 4.300 tahun cahaya.

Berdasar investigasi yang dilakukan NASA/ESA melalui teleskop Hubble dapat menguak rahasia yang terhindarkan pada pengamatan2 sebelumnya. Gas awan merah muda diamati pada pusat sebelah kiri nebula adalah indikasi murni bahwa materi pada bagian tersebut mungkin telah menjadi dingin dan tertarik seluruhnya, pada saat bagian nebula yang lain masih terlihat panas.

Titik yang sama dapat dilihat pada hamburan di sepanjang nebula, kemungkinan menjadi padat, akumulasi gas dingin yang kecil, kebalikan posisi dari titik putih kecil. Belum dapat dipastikan fenomena apa yang terjadi yang dapat menyebabkan bagian yang merah muda tersebut, taoi rata-rata sering disebut ledakan supernova asimetrik yang membantu keluarnya gas pada arah horizontal, sperti yang terlihat di gambar. Lain kata, efek yang sama dapat ditentukan oleh keberadaan orbit bintang kedua disekita titik putih tersebut.

Cahaya ultraviolet yang terang dari NGC 2371, diemisikan oleh pusat titik putih. Nebula yang seperti planet tersebut bertambah luas seiring berjalannya waktu, sebuah proses diakselerasikan oleh solar wind yang dihasilkan oleh bekas bintang yang panas. Seiring prosesnya yang mendekati akhir hidupnya, titik putih tersebut secara bertahap menjadi dingin, kehilangan kadar terang dan memudar menjadi latar belakang hitam ruang angkasa, dan menjadi titik berwarna coklat.

gambar ini menggunakan warna yang bukan sebenarnya, hanya untuk mendeteksi cahaya yang diemisikan oleh elemen2 kimia, seperti nitrogen yang bercahaya merah, hidrogen yang digambarkan berwarna hijau, dan oksigen yang berwarna biru.


0 komentar to "Proses Matinya Sebuah Bintang"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet