Mahluk Ekstrim Hidup 1.6 Km dibawah Tanah

JAKARTA, SELASA - Para ilmuwan menemukan organisme renik yang hidup 1,6 kilometer di bawah dasar laut di pantai Newfoundland, Kanada. Temuan ini makin menguatkan pendapat bahwa makhluk-makhluk bersel tunggal mungkin sanggup hidup di lingkungan sangat ekstrim di planet lain.

"Ini mungkin bukan hanya paling dalam namun juga organisme paling panas yang ditemukan jauh di endapan laut," ujar R John Parkes, seorang pakar geobiologi dari Universtas Cardiff, Wales, Inggris yang melaporkan temuannya dalam jurnal Science edisi terbaru. Meski bakteri juga pernah ditemukan di sebuah tambang emas Afrika Selatan pada kedalaman 2 kilometer, rekor organisme di endapan laut sebelumnya di kedalaman 842 meter.

Makhluk hidup bersel tunggal yang baru ditemukan ini mungkin memeroleh energi dari gas methan. Gas tersebut terjebak dalam lapisna batuan yang berumur 111 juta tahun dan suhunya antara 60-100 derajat Celcius.

"Tidak ada cahaya sama sekali, dan tidak ada oksigen di sana," ujar Parkes. Tempat hidupnya benar-benar lapisan batuan meskipun masih ada kandungan air.

Makhluk hidup seperti inilah yang mungkin masih hidup jauh di bagian tersembunyi planate-planet berbatu serupa Bumi, misalnya Mars. Wahana tanpa awak milik NASA, Phoenix Mars Lander, yang baru mendarat di Mars, Senin (26/5) pagi WIB, tengah mencari bukti-bukti es di bawah permukaan Mars yang mungkin mendukung kehidupan semacam ini.

Sumber : LIVESCIENCE


Yg diketemukan oleh ilmuwan, adalah cell bernama Prokaryotes,
Definisi Prokaryotes:
Prokaryotic cells have a much simpler structure than eurkaryotes. They do not have a nucleus and the hereditary information is not seperated from other organelles within the cell. The fact that the DNA is not seperated from everything else in the cell is the prime factor in distinguishing between prokaryotic and eukaryotic cells. Prokaryotes also have 70S ribosomes.

Penampang Prokaryotes:

Sedangkan eurkaryotes adalah:
Eukaryotic cells are complex with numerous organelles. The hereditary material (DNA) is contained within the cell nucleus. They contain 80S ribosomes and many additional cell structures as seen in the table below.

Image dari eurkaryotes:



Penampang eurkaryotes:


Thanks to: pitulasan


0 komentar to "Mahluk Ekstrim Hidup 1.6 Km dibawah Tanah"

testing

Followers

Other WidGet