Lawang Sewu , Wisata Sejarah Bangunan Peninggalan Belanda

Lawang sewu adalah sebuah gedung tua yang terdapat di daerah Semarang Jawa Tengah. Obyek Wisata ini terletak dibundaran dekat Tugu Muda Semarang. Gedung ini sangat tua bahkan diperkirakan umurnya sudah ratusan Tahun.

Lawang sewu merupakan bangunan ber-Arsitektur Eropa yang pada masa kolonial penjajahan dahulu dipergunakan sebagai gedung penjara atau gedung untuk kepentingan penjajahan belanda untuk menguasai Indonesia. Gedung Lawang Sewu ini memiliki banyak saksi sejarah tentang Indonesia. Oleh karena itu, lawang sewu menjadi salah satu situs sejarah Indonesia dan menjadi saksi sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Lawang Sewu juga merupakan salah satu gedung terindah di kota Semarang karena ke-khas-an Gaya arsitektur bangunannya yang tidak ada yang menyamai di daerah lain di Indonesia.

Lawang Sewu memiliki banyak pintu dan jendela yang sangat tinggi dan lebar sehingga jendela itu juga disebut lawang atau pintu. Karena banyaknya lawang dan jendela di bangunan itu, maka masyarakat sekitar menyebutnya Lawang Sewu.

Lawang sewu dulunya oleh pemerintah kolonial Belanda dijadikan sebagai Kantor Pusat Djawatan Kereta Api. Lawang sewu juga menjadi saksi bisu terjadinya pertempuran 5 hari di Semarang.

Lawang sewu sekarang juga menjadi kantor PT. Kereta Api Indonesia dan dijadikan pusat Pelestarian Bangunan dan benda bersejarah oleh PT. Kereta Api Indonesia sebagai situs sejarah yang harus terus dijaga pelestariannya. Untuk saat ini, Lawang Sewu menjadi salah satu tujuan Wisata yang sangat diminati oleh masyarakat Semarang dan sekitaranya setelah banyak dilakukan Renovasi dan perbaikan Fasilitas.

Nah untuk Anda yang ingin berkunjung kesana kami sarankan jangan lupa membawa camera ya,, karena akan rugi banget kalau tidak ada foto kenangan yang bisa Anda abadikan. Belajar sejarah sambil berekreasi memang menyenangkan. Selamat berlibur.


0 komentar to "Lawang Sewu , Wisata Sejarah Bangunan Peninggalan Belanda"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet