Tokoh-tokoh yang menemukan ide di tempat yang tak terduga

Betapapun kreatifnya seseorang pasti pernah merasa stuck alias mati ide. Rutinitas pekerjaan, stress dan deadline pekerjaan yang ketat seringkali membuat seseorang merasa jenuh dan akhirnya mati ide.

Munculnya ide di kepala tak mengenal tempat, terkadang muncul tiba-tiba di saat dan tempat yang tak terduga, tempat-tempat aneh, tak biasa, justru menjadi sumber momen mendapatkan ide-ide baru mancul. Seperti yang dialami tokoh berikut ini, salah satu diantaranya malah mendapatkan ide saat melihat poster saja. Berikut tokoh-tokoh yang mendapatkan ide di tempat yang tak terduga.

1.       Archimedes:

Penemu teori matematika asal Yunani ini mengalami momen penemuan ‘Aha!’-nya di dalam bak mandi! Archimedes menemukan prinsip massa dan mengapung saat memerhatikan aliran air di bak mandinya. Jadi tak heran pada akhirnya ia pun meloncat dari bak mandinya dan lari ke jalan sembari berteriak “Eureka! Eureka!”

2.       Gertrude Stein

Saat penulis novel dan penyair terkenal Amerika ini mendapatkan ide-ide segar, ia justru menemukannya saat berada di dalam mobil. Lucunya, itu saat dirinya duduk di dalam mobil dan tengah memandang sapi-sapi di padang rumput! Dengan begitu ia langsung bisa menulis selama 30 menit sehari. Yang pasti, ritualnya memang aneh Gertrude berkeliling peternakan dan berhenti di tiap sapi yang menurutnya akan memberikan inspirasi padanya!

3.       Nikola Tesla

Ilmuwan listrik penemu teori daya listrik arus bolak-balik ini menemukan idenya justru di taman kota, saat dia berjalan dengan temannya tanpa disadari solusi ke medan magnet berputar melintas di pikirannya. Kemudian dengan tongkatnya, dia menggambar diagram di pasir dan menjelaskan kepada temannya tentang prinsip motor induksi

4.       John Lennon

Legenda musik ini ternyata pernah mendapatkan ide saat menatap sebuah poster di toko antik. Ya, vokalis The Beatles ini mendapatkan ide untuk album Being for the Benefit of Mr. Kite, saat dirinya dan George Harrison mampir ke sebuah toko antik sebelum keduanya menghabiskan waktu makan siang. “John menarik sebuah poster kecil dari barang-barang di dalam toko tersebut yang isinya berisi nyaris dari setengah keseluruhan lagu Being for The Benefit of Mr. Kite!

5.       Woody Allen

Penulis skrip, sutradara sekaligus aktor brilyan ini biasanya menemukan ide-ide segarnya saat menghabiskan waktu di shower kamar mandi. Berdiri disiraman air selama satu jam kerap memberikan ide-ide kreatifnya mengalir keluar. “Begitu air hangat menyiram tubuh, Anda pun seolah-olah meninggalkan dunia nyata dan beberapa hal (pemikiran) pun terbuka,” jelas Woody dalam salah satu wawancara dengan sebuah majalah Esquire.

6.       J.K. Rowling

Novelis asal Inggris ini menemukan idenya untuk menulis buku "Harry Potter" justru saat dia berada di dalam sebuah kereta api yang penuh sesak.
 
sumber:
Sumber : https://www.popular-world.com/control/ArticleDetail?compartmentId=Lifestyle&articleId=14227


0 komentar to "Tokoh-tokoh yang menemukan ide di tempat yang tak terduga"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet