Bagaimana Belajar Yang Efektif

1. Hilangkanlah pemikiran "Belajar Sambil Bermain" dari kamus kosa kata anda. Gantilah pemikiran tersebut dengan "Bermain Sambil Belajar" sehingga anda akan lebih merasa senang ketika sedang belajar.

2. Minumlah susu terlebih dahulu sebelum belajar. Saya belum pernah mencobanya, namun tampaknya akan cukup berguna dalam proses pembelajaran.

3. Sebelum belajar dimulai, usahakan diri anda berada dalam kondisi alfa, yakni kondisi yang tenang dan membahagiakan. Bayangkan tempat terindah yang anda pernah kunjungi. Bila anda belum juga dapat mengkondisikan diri anda dalam kondisi alfa, maka cobalah kondisikan diri anda dalam kondisi beta atau kondisi gama.

4. Siapakan terlebih dahulu 2 buah bulpen berwarna hitam, 2 bulpen berwarna biru, sebilah penghapus, sepotong rautan, 2 buah pensil 2B, 3 buah pensil 3B, 4 buah pensil 4B, secangkir teh hangat, snack-snack ringan seperti singkong atau chiki, foto idola untuk semakin mendorong/memotivasi anda, sebuah iPod atau alat pemutar musik lainnya (bila anda memilih untuk menggunakan CD Player, maka saya sarankan untuk membeli CD Thom Yorke yang berjudul "The Eraser" terlebih dahulu), kacamata baca bila anda memerlukannya, dan sebuah tong sampah untuk membuang sampah apa pun yang kelak akan anda buang.

5. Bila esok hari anda ulangan Kimia, maka usahakan untuk belajar Kimia, jangan pelajaran yang lain. Sel-sel otak anda terbatas, sehingga jangan terlalu diforsir untuk melebihi kapasitas yang telah disediakan.

6. Bacalah doa terlebih dahulu sebelum memulai belajar.

7. Posisikan duduk anda yang nyaman dan relax. Saya menyarankan agar anda jangan belajar dengan posisi jongkok ataupun kayang karena akan mempersulit proses pembelajaran yang akan anda lakukan.

8. Usahakan untuk memakai pakaian saat anda belajar, karena bila anda belajar dalam keadaan bugil anda akan merasa kedinginan sehingga konsentrasi anda akan terpecah belah.

9. Jika anda dalam keadaan mabuk, entah karena alkohol atau karena cinta, saya sarankan agar lebih baik tidak belajar.

10. Belajarlah apa yang mau anda pelajari. Bila anda sedang merasa malas belajar, maka jangan dipaksakan untuk belajar. Sebelum anda mempelajari pelajaran, pelajarilah diri anda sendiri terlebih dahulu!


0 komentar to "Bagaimana Belajar Yang Efektif"

testing

Followers

Follow by Email

Other WidGet